Akhir Tahun Ini, Kemenhub Operasikan Enam Stasiun Kereta Modernisasi

Dibangun Dengan Konsep Ecogreen

Rabu, 24 Oktober 2018, 09:39 WIB
Kementerian Perhubungan (Kemhub) bakal mengoperasikan enam stasiun yang telah dimodernisasi serta satu dipo baru yaitu Dipo Cipinang.

Jika tidak ada aral melintang, pengoperasian stasiun tersebut akan terlaksana akhir November 2018.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri menyebutkan enam stasiun modernisasi tersebut terdiri atas Stasiun Klender, Stasiun Buaran, Stasiun Klender Baru, Stasiun Cakung, dan Stasiun Kranji pada lintas Manggarai-Bekasi, serta satu stasiun baru di lintas Tanahabang-Rangkasbitung, yaitu Stasiun Citeras.

Selain pengoperasian stasiun dan dipo, kata Zulfikri, lintas Tanahabang-Rangkasbitung juga akan dioperasikan double track dan elektrifikasi di segmen Maja-Rangkasbitung.

Menurut Zulfikri, untuk lintas Manggarai-Bekasi, direncanakan pengoperasian jalur dwi ganda kereta api atau double-double track segmen Jatinegara-Kranji.

"Pengoperasian prasarana kereta api di area Jabotabek dan Banten tujuannya untuk meningkatkan kapasitas lintas perjalanan KA pada lintas tersebut," kata Zulfikri, Senin (22/10).

Khusus pembangunan double track lintas Manggarai-Bekasi, kata Zulfikri yang rencananya akan diperpanjang hingga Cikarang, bertujuan memisahkan jalur ganda kereta jarak jauh dan kereta api commuter, serta menghindari susulan perjalanan kereta api jarak jauh dan KRL.

"Jalaur dwi ganda ini mampu meningkatkan pelayanan melalui penambahan kapasitas jalur, sehingga frekuensi kereta api jarak jauh dan KA Komuter bertambah," katanya.

Pemerintah lanjut Zulkifri, merencanakan pengembangan stasiun Manggarai memisahkan jalur kereta api, yaitu antara kereta api jarak jauh, kereta api commuter jabodetabek, dan kereta api commuter bandara.

Kata Zulfikri, Stasiun Manggarai akan dibangun 3 lantai. Lantai 1 terdiri atas jalur KA Bekasi line 4 jalur, KA Bandara 4 jalur, peron 12 stamformasi, lantai 2 terdiri dari layanan penumpang luas lantai kurang lebih 9.108 meter persegi.

Untuk kapasitas sendiri, kurang lebih 17.800 orang dilengkapi lift dan escalator serta lantai 3 terdiri dari jalur KA main line 6 jalur dan Bogor line 4 jalur, peron 12 stamformasi.

"Stasiun ini akan menjadi perhentian terakhir untuk perjalanan kerata api jarak jauh."

Menurut Zulkifri, stasiun Kereta Api yang dibangun dengan konsep ecogreen sehingga lebih hemat dalam penggunaan listrik karena dibatasinya penggunaaan fasilitas pendingin udara pada stasiun-stasiun tersebut.

Stasiun yang ada dibangun dua lantai serta dilengkapi dengan fasilitas lift dan eskalator untuk mengakomodasi masyarakat yang berkebutuhan khusus.

Seperti lansia, difabel, ibu dalam kondisi hamil mau pun anak-anak. Selain itu, stasiun juga diperlengkapi dengan ruang menyusui, mushola, ruang kesehatan dan toilet yang modern.

Pemerintah juga telah memperpanjang peron-peron yang ada di masing-masing stasiun modern tersebut guna mengakomodasi rangkaian panjang KRL (12 kereta). Perpanjangan peron ini juga dilakukan untuk mengakomodasi lonjakan penumpang KA karena pertumbuhan perumahan baru yang berada di sepanjang jalur KA.

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan dari modernisasi stasiun tersebut, kata Zulfikri, pemerintah berharap animo masyarakat untuk memilih kereta api ketika melakukan perjalanan akan terus meningkat.

"Sehingga target penumpang yang terlayani KRL pada tahun 2019 sebesar 1,2 Juta penumpang dapat terealisasikan." [dzk]

Kolom Komentar


Video

Sebelum Mbak You, Arief Poyuono Sudah Ramalkan Kalabendu

Jumat, 15 Januari 2021
Video

BINCANG SEHAT • Memandang Pandemi Dari Kacamata Relawan

Jumat, 15 Januari 2021
Video

RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia

Senin, 18 Januari 2021

Artikel Lainnya

Hardiknas, Bupati Banyuwangi Dorong Sekolah Bersiap Hadapi Revolusi Industri 4.0
Advertorial

Hardiknas, Bupati Banyuwangi..

03 Mei 2019 00:07
Kerjasama TNI-RTARF Perkokoh Konsep Geopolitik Indo Pasifik
Advertorial

Kerjasama TNI-RTARF Perkokoh..

26 April 2019 16:37
Krueng Daroy: Contoh Baik Program Kolaborasi Penataan Kawasan Kumuh Di Banda Aceh
Advertorial

Krueng Daroy: Contoh Baik Pr..

16 Desember 2018 14:21
2019 Anggaran Rp 110,73 Triliun, Menteri Basuki Instruksikan Percepat Pelaksanaan Lelang
Advertorial

2019 Anggaran Rp 110,73 Tril..

13 Desember 2018 23:57
420 Ribu Warga Semarang Barat Akan Nikmati Layanan Air Bersih Perpipaan
Advertorial

420 Ribu Warga Semarang Bara..

13 Desember 2018 05:27
Membangun Infrastruktur, Mengelola Harapan Masyarakat Yang Tinggi
Advertorial

Membangun Infrastruktur, Men..

11 Desember 2018 04:08
Kementerian PUPR Terima Rp 19 Miliar Untuk Bangun Huntara Di Palu
Advertorial

Kementerian PUPR Terima Rp 1..

26 November 2018 18:19
Sepeda Santai PUPR Peringati Hari Bakti PU Ke-73
Advertorial

Sepeda Santai PUPR Peringati..

25 November 2018 20:52