Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pameran Pembangunan Dan Renovasi Gelora Bung Karno Berakhir Besok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Sabtu, 01 September 2018, 13:20 WIB
Pameran Pembangunan Dan Renovasi Gelora Bung Karno Berakhir Besok
Foto: Istimewa
rmol news logo Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyajikan proses transformasi Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno (GBK) dari awal pembangunan hingga kini menjadi satu kawasan olahraga yang megah dan tertata rapi melalui dua pameran foto.

Pameran foto pertama terletak di Stadion Utama GBK, tepatnya di Area Retail Zona 5 dan lokasi yang kedua berada di lantai 1 pusat perbelanjaan Fx Plaza di Jalan Pintu Satu Senayan tak jauh dari kompleks GBK.  

Kedua pameran yang telah berlangsung selama satu minggu tersebut akan berakhir besok, tanggal 2 September 2018 atau bersamaan dengan penutupan Asian Games ke-18 tahun 2018 di Stadion Utama GBK.

Selama berlangsungnya pemeran, para pengunjung dapat menyaksikan dokumentasi  foto-foto dan audio pembangunan dan renovasi kompleks GBK pada awal pembangunan dan terakhir pada tahun 2017-2018 dalam rangka menyambut Asian Games 2018.

Selain foto dan audio juga terdapat gambar-gambar berukuran besar yang digunakan pengunjung untuk swafoto. Pengunjung juga akan mendapatkan merchandise dari penyelenggara selama persediaan masih ada. Pameran yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan pengalaman berharga terkait penyelenggaraan bangunan gedung dan penataan bangunan di Komplek GBK.

"Dari pameran ini saya melihat ada kemajuan khususnya di bidang olahraga, saya sebagai orang dari Kawasan Indonesia Timur kini menjadi paham tentang sejarah GBK yang merupakan salah satu kebanggan Indonesia," ujar Yakoba pengunjung asal Jayapura Papua.

Dalam waktu tidak lebih dari 2 tahun, total sebanyak 35 venue telah dibangun dan direnovasi oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan total alokasi biaya sekitar Rp. 3,7 Triliun dan melibatkan 9 arsitek prinsipal dari IAI dan tidak kurang dari 6000 pekerja. Sedangkan Rp. 3,7 Trilyun lainnya digunakan untuk membangun Wisma Atlit di Kemayoran dan Jakabaring Sport City oleh Ditjen Penyediaan Perumahan, serta pembangunan embung Jakabaring dan  penyiapan bendung Rentang untuk venue kano slalom oleh Ditjen Sumber Daya Air.

Khusus di Kawasan Gelora Bung Karno, dari 16 venue yang dibangun, enam diantaranya merupakan Bangunan Gedung Cagar Budaya, sehingga dalam pelaksanaan renovasinya dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip pelestarian bangunan gedung cagar budaya. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA