Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kamar Khusus Penyandang Disabilitas Wisma Atlet Kemayoran Rampung Awal Juli 2018

Kamis, 24 Mei 2018, 23:11 WIB
Kamar Khusus Penyandang Disabilitas Wisma Atlet Kemayoran Rampung Awal Juli 2018
Foto: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
rmol news logo Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) terus membenahi fasilitas olahraga demi mensukseskan Asian Paragames 2018. 

Saat ini KemenPUPR sedang merenovasi kamar bagi penyandang disabilitas sebanyak seribu dan fasilitas lainnya di Wisma Atlet Kemayoran untuk mendukung Asian Paragames yang akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 6-13 Oktober 2018.

Diperkirakan jumlah atlet yang akan berlaga pada ajang Asian Paragames sekitar 3 ribu atlet dengan jumlah atlet dengan kursi roda sekitar seribu orang.

"Progresnya kini sudah 35 persen dengan anggaran sekitar Rp 185 Milyar dan ditargetkan selesai awal Juli 2018," kata Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis (24/5).

Khalawi menambahkan dari sepuluh tower wisma atlet, hanya lima tower yang akan digunakan untuk atlet Asian Paragames yakni tower tiga hingga tower tujuh di Blok D10. Total unit yang direnovasi 200 unit setiap tower sehingga ada seribu unit kamar yang disiapkan.

Selain itu, ada juga penambahan enam unit lift difabel per tower yang disiapkan KemenPUPR untuk memberikan kenyamanan saat tinggal di Wisma Atlet. Renovasi terutama pada tower tiga dan empat kapasitas yang semula untuk tiga tempat tidur berubah menjadi dua tempat tidur.

Selain itu dilakukan pelebaran ukuran pintu kamar agar bisa dimasuki kursi roda, perbaikan akses ke kamar mandi, ramp dan treshold pada lantai berbeda elevasi, tactile pada lantai untuk penuntun arah pada area publik, signage dan directory pada area publik dan railing pada tangga.

Saat pembangunan selesai, akan dilakukan serah terima dari KemenPUPR kepada Inasgoc untuk pengelolaannya. Wisma atlet Kemayoran sudah dilakukan uji coba dengan ditempati oleh para atlet yang mengikuti tes event beberapa olahraga beberapa waktu lalu sehingga mendapatkan masukan untuk perbaikan lebih baik.

KemenPUPR sebelumnya sudah menyelesaikan pembangunan Wisma Atlet Asian Games sebanyak 10 tower. Terdiri dari tiga tower di Blok C-2 dan tujuh tower di Blok D-10. Untuk Blok C-2 memiliki total unit hunian 1.932 unit dan Blok D-10 memiliki 5.494 unit hunian.

Unit kamar yang dibangun merupakan tipe 36 dengan fasilitas dua kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi dan tempat cuci jemur. Setiap unit Rusun sudah dilengkapi dengan meubelair seperti tempat tidur, lemari pakaian, kursi dan meja tamu, pendingin ruangan dan penghangat air di setiap kamar mandi. Diperkirakan wisma atlet ini dapat menampung sebanyak 22.278 orang atlet.  [nes/***]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA